Ekonomi Mikro
Teori Ekonomi Mikro. Teori ini beranggapan bahwa setiap konsumen akan
berusaha memperoleh kepuasan maksimal. Mereka akan berupaya meneruskan
pembeliannya terhadap suatu produk apabila memperoleh kepuasan dari produk yang
telah dikonsumsinya, di mana kepuasan ini sebanding atau lebih besar dengan
marginal utility yang diturunkan dari pengeluaran yang sama untuk beberapa
produk yang lain; Tour Belitung
2. Teori Psikologis. Teori ini mendasarkan diri pada faktor-faktor
psikologis individu yang dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan lingkungan. Bidang
psikologis ini sangat kompleks dalam menganalisa perilaku konsumen, karena
proses mental tidak dapat diamati secara langsung;
3.
Teori Antropologis. Teori ini juga menekankan perilaku pembelian dari suatu
kelompok masyarakat yang ruang lingkupnya sangat luas, seperti kebudayaan,
kelas-kelas sosial dan sebagainya. Belitung Tour
Teori Prilaku
konsumen dapat dibedakan dalam dua macam pendekatan :
1) Pendekatan nilai Guna Cardinal
Manfaat atau
kenikmatan yang diperoleh konsumen dapat dinyatakan secara kuantitatif dengan
anggapan bahwa konsumen akan memaksimumkan kepuasan yang dapat dicapainya,
diterangkan bagaimana seseorang akan menentukan konsumsinya ke atas berbagai
jenis barang yang terdapat dipasar.
2) Pendekatan Nilai Guna Ordinal
Manfaat atau
kenikmatan yang diperoleh masyarakat dari mengkonsumsi barang-barang tidak
dikuantifiser. Tingkah laku seorang konsumen untuk memilih barang-barang yang
akan memaksimumkan kepuasannya ditunjukan dengan bantuan kurva kepuasan sama,
yaitu kurva yang menggambarkan gabungan barang yang akan memberikan nilai guna
(kepuasan) yang sama.
Komentar
Posting Komentar